Jumat, 18 Desember 2015

LEMON CAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Udah lama juga ya saya gak posting resep cake. Beberapa kali membuat cake ternyata gak ada satupun yang kefoto euy. Kalau cake yang satu ini adalah cake favorit keluarga saya yaitu lemon cake. Resep yang akan saya share ini berbeda dengan lemon cake yang pernah saya posting dahulu. Kalau dahulu lemon cakenya saya buat dengan butter cake method sedangkan kali ini saya membuat dengan all in one method, yaitu semua bahan dikocok bersama kecuali butter leleh. Teksturnya lebih lembut dan moist. Lemon butter cake yang dulu saya buat silahkan bisa dilihat disini ya.

Lemon cake ini tidak memakai essense lemon sama sekali, jadi aroma dan rasa lemonnya benar-benar berasal dari air lemon dan lemon zest atau parutan kulit lemon. Vanilla essense tetap saya pakai untuk membantu mengurangi aroma kuning telur dalam cake ini. Pemakaian air dan kulit lemon membuat vanilla essense-nya tidak terasa aromanya. Suka banget dengan cake ini, aromanya yang segar lho. Teksturnya yang lembut dan ringan bikin sepotong cake gak cukup hihihi. Itu mah karena kelaparan di saat hujan yaa.

LEMON CAKE

Bahan :
7 kuning telur
3 putih telur
100 gr gula pasir
60 gr tepung terigu serbaguna
30 gr maizena
30 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt vanilla essense
1,5 buah lemon ---> ambil airnya dan parut kulitnya
100 gr butter, lelehkan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (saya memakai loyang tulban 22 cm). Olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
2. Kocok bersama-sama kuning telur, putih telur, tepung terigu, maizena, susu bubuk, vanilla essens dan air lemon hingga mengembang dan kental berjejak. Matikan mixer.
3. Masukkan parutan kulit lemon dan butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik memakai spatula hingga homogen. Pastikan tidak ada endapan butter leleh di dasar bowl ya.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, hentakkan loyang perlahan untuk mengeluarkan udara yang ada dalam adonan.
5. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang.
6. Biarkan hangat dan keluarkan dari loyang.

Notes :
- Resep ini tidak menggunakan emulsifier. Kocokan bahan bisa benar-benar kental asalkan menggunakan telur yang masih fresh. Apabila ragu akan kondisi telur, bisa menambahkan emulsifier.
- Hati-hati saat memarut kulit lemon. Jangan sampai terkena bagian kulit yang berwarna putih ya karena bisa pahiiit ^^




Sssttt...ini lemon modis lhoo alias modal diskon hahaha. Kebetulan lemon lagi murah nih, biasanya sekilo sekitar 50-60 ribu, sekarang jadi sekitar 30 ribuan saja. Maklum ibu-ibu, jadi demen banget deh kalau udah bermodis-modis seperti ini hihihi.

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^
Disqus Comments