Sabtu, 19 Desember 2015

FLUFFY BUTTERMILK PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin pancake lagi untuk sarapan ^^ Selain untuk sarapan, menurut saya pancake ini enak dinikmati kapan aja. Kalau pas siang-siang yang panas, tinggal tambahkan 1-2 scoop es krim, buah segar cincang atau coklat....masya Allah..enaaknya. Saya suka pancake yang dinikmati dengan madu atau taburan gula ditambah buah-buahan segar. Sedangkan anak-anak lebih suka menikmati pancake dengan saus coklat favorit mereka. Kebetulan saya masih punya simple syrup homemade, jadi kali ini saya menikmati pancake dengan simple syrup, maklum saya gak punya maple syrup hihihi. Bikin simple syrup juga gampang banget. Campurkan gula dan air dengan perbandingan 2:1 atau bisa juga 1:1. Masak hingga mendidih dan gula larut kemudian setelah hangat tambahkan vanilla essense. Dinginkan dan siap dipakai. Simple syrup ini selalu saya buat ketika dulu saya mengerjakan orderan cake karena di tiap lapisan cake saya selalu menyiramkan simple syrup ini agar tekstur cake tetap moist. Tuh kaan...dari pancake malah ceritanya ngelantur ke cake dekor heuheuheu.

Pancake yang saya buat ini menggunakan metode kuning dan putih telur yang dipisahkan sehingga tekstur pancake menjadi "fluffy". Enak deh..walaupun sudah dingin, tekstur pancake ini tetap ringan dan empuk. Selain karena pemisahan telur tadi, penggunaan buttermilk juga berpengaruh. Seperti biasa saya selalu membuat homemade buttermilk karena memang buttermilk susah untuk didapatkan. Caranya juga pasti udah pada tau kan, cukup hangatkan susu (jangan sampai mendidih) kemudian beri air lemon atau air jeruk nipis atau cuka. Diamkan sejenak sampai timbul gumpalan-gumpalan di susu seperti yang bisa kita temukan pada susu basi. Naah...buttermilk siap untuk digunakan.




FLUFFY BUTTERMILK PANCAKE

Bahan :
210 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
3 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
70 gr gula pasir halus
1 sdt vanilla
400 ml buttermilk
115 gr butter leleh
2 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah campurkan bahan kering yaitu terigu, baking powder, soda kue dan gula halus. Aduk hingga rata.
2. Dalam wadah lain campurkan kuning telur, vanilla, butter leleh dan buttermilk, aduk rata. Masukkan bahan kering, aduk kembali hingga rata dan teksturnya halus.
3. Kocok putih telur hingga soft peak (bila gagang mixer diangkat adonan membentuk jambul melengkung). Tuang 1/3 terigu ke dalam kocokan putih telur, aduk memakai spatula hingga tercampur rata kemudian tuang kembali ke adonan terigu. Aduk hingga rata.
4. Tuang olive oil, aduk rata.
5. Panaskan wajan dadar anti lengket tanpa dioles apapun, tuangkan adonan dan masak hingga matang dan berwarna kecoklatan.
6. Sajikan dengan topping sesuai selera.




Gampang dan cepat kan bikin pancake. Alhamdulillah selalu disukai keluarga.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya ^^
Disqus Comments