Jumat, 25 Desember 2015

PIE SUSU LEMON



Bismillahirrohmanirrohim

Libur tlah tiba, walaupun saya gak ada liburnya hehehe. Kalau sudah musim liburan gini saya harus mencarikan aktivitas yang asyik untuk anak-anak agar mereka tidak bosan di rumah. Biasanya yang wajib adalah hunting buku atau kadang-kadang mereka ikut saya kerja. Aktivitas lain yang selalu seru untuk dilakukan adalah dengan mengajak mereka membantu saya di dapur. Saya ajak mereka membuat cemilan simpel yang jadi favorit mereka. Seperti kali ini saya mengajak membuat pie susu. Kebayang kan kalau anak-anak membantu di dapur yang ada pasti pekerjaan jadi lebih lama dan dapur jadi berlipat-lipat berantakannya hihihi. Tapi it's oke yang penting mereka happy dan seseruan bareng. Pie susu kali ini juga kulitnya banyak yang ajaib kan hahaha, yang penting rasanya enak dan mereka suka ya.

Saya membuat pie susu dengan menambahkan air dan kulit lemon. Suka banget dengan aromanya yang benar-benar wangi lemon. Memang pie susu ini mudah sekali dikreasikan ya, misalnya saja pie susu coklat, keju, pandan, cappuccino atau bahkan matcha atau green tea. Kalau saya sih semua sukaaa ^^




PIE SUSU LEMON

Bahan Kulit Pie :
500 gr tepung terigu serbaguna
300 gr margarin
2 sdm gula pasir halus
10-12 sdm air es

Cara Membuat Kulit Pie :
1. Campur tepung terigu, margarin dan gula pasir halus. Aduk memakai pisau pastry atau bisa juga memakai 2 buah garpu hingga berbulir-bulir.
2. Tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung. Hentikan penambahan air bila adonan sudah kalis atau tambahkan air bila tekstur adonan dirasa masih kering.
3. Cetak di cetakan pie yang sudah dioles tipis minyak atau margarin. Lakukan hingga habis.

Bahan Filling :
1 kaleng susu kental manis putih
400 ml air
8 kuning telur kocok lepas
30 gr tepung custard
1 sdt vanilla
1-2 lemon, parut kulitnya (jangan sampai kena kulit yang putih ya) dan peras airnya

Cara Membuat Filling :
1. Campur susu kental manis dan air, aduk hingga rata.
2. Masukkan kuning telur, tepung custard dan vanilla. Aduk hingga rata kemudian saring.
3. Masukkan air lemon dan parutan kulitnya. Aduk rata

Penyelesaian :
1. Panaskan oven 150-160'C, tuang filling ke kulit pie hingga penuh.
2. Panggang selama kurang lebih 40-50 menit atau hingga filling set dan berwarna kekuningan.
3. Angkat dan biarkan dingin baru dikeluarkan dari cetakan.




 Pie susu ini enak banget kalau dinikmati dalam keadaan dingin dari kulkas. Rasa fillingnya terasa "nyeeesss" gitu hihihi. Eh ya membuat kulit pie bisa juga menggunakan kuning telur ya, pernah juga saya posting kok. Kalau saya lebih suka yang memakai air es, menurut saya lebih renyah dan yang pasti lebih irit telur kan hahaha. Maklum emak-emak ngirit niiih ^^

Happy Baking....semoga bermanfaat



Disqus Comments