Rabu, 01 April 2015

MARTABAK BOLU MINI



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin martabak manis lagi. Kali ini bikin martabak bolu mini dengan aneka topping. Sebenarnya saya lebih suka membuat martabak manis memakai loyang besar. Maklum...saya suka angin-anginan, lebih banyak malas daripada rajinnya hihihi. Kalau bikin pakai loyang besar kan cepat, gak perlu nyetakin satu-satu seperti versi mini. Alasan lain karena saya gak punya cetakan martabak mini, jadi saya pakai cetakan kue lumpur. Dapat dipastikan kalau hasilnya lebih banyak yang amburadul daripada yang cantik heuheuheu. Bisa dilihat di foto-fotonya, kalau penampilan martabak bolu mini ini berantakan. Gak apa-apa yaa.

Bikin martabak bolu mini dalam rangka penasaran mencoba resep yang sudah tenar banget tapi saya justru belum pernah nyobain. Halooo...kemana aja bund? Resep asli martabak bolu mini ini adalah milik Irene yang dipopulerkan oleh mbak Rina Rinso. Udah banyak yang nyobain resep ini dan kebanyakan puas dengan hasilnya. Penasaran juga kan jadinya. 




MARTABAK BOLU MINI


Bahan :

250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
300 ml susu cair
3 butir telur
30 gr gula pasir
1/2 sdt ragi instan
1/4 sdt baking powder
50 gr butter / margarin, lelehkan

Taburan :
gula pasir
keju parut
susu kental manis
meises
atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir, baking powder dan garam.
2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker. Aduk hingga rata.
3. Masukkan ragi instan, aduk rata dan diamkan selama 30 menit.
4. Campur 30 gr gula pasir dan telur, kocok lepas memakai garpu kemudian masukkan ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Aduk rata.
5. Masukkan butter leleh dan baking powder, aduk hingga rata.
6. Panaskan cetakan, tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan dan masak dengan api kecil. Biarkan adonan hingga berlubang-lubang, taburi gula pasir kemudian tutup cetakan. Masak hingga matang.
7. Setelah matang, angkat dari cetakan, olesi butter dan beri susu kental manis secukupnya kemudian beri taburan sesuai selera.




Tuh liat...martabaknya berserat. Suka banget liat serat-seratnya ini, apalagi teksturnya empuk lho. Saya bikin pagi dan sampai sore masih empuk. Kalau ada yang nanya setelah nginap masih empuk gak, saya gak tau ya karena udah keburu ludes hihihi. 
Seperti biasanya kalau bikin martabak manis gini, toppingnya terserah anak-anak aja. Mereka bebas memberi topping favoritnya.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat.
Happy Baking ^^
Disqus Comments