Senin, 06 April 2015

SUS KERING



Bismillahirrohmanirrohim

Akhir-akhir ini karena berbagai kesibukan, saya jadi jarang posting di blog. Sekalinya sempat posting...eh...tentang sus lagi hihihi. Maafkan yaa. Biarpun lagi-lagi tentang sus, tapi kali ini saya bikin sus kering. Dulu sudah pernah posting juga sih tentang sus kering, kali ini saya ganti jenis tepung yang saya pakai. Sebenarnya untuk membuat sus kering bisa memakai resep sus mana aja karena kunci dari proses pembuatannya adalah pada waktu pemanggangan. Seperti halnya kita membuat sus biasa, pada awalnya sus kering dipanggang dengan memakai suhu tinggi, cukup hingga sus mengembang selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya suhu oven diturunkan menjadi suhu rendah dan lanjutkan memanggang hingga matang dan kering. Proses pemanggangan memakai suhu rendah ini membutuhkan waktu yang lebih lama agar menghasilkan sus benar-benar kering dan renyah. 




Kebetulan saya masih punya seuprit keju edam, jadi saya tambahkan ke dalam adonan sus. Bisa juga memakai keju gouda, keju parmesan atau bahkan keju cheddar. Tanpa keju pun menurut saya juga enak kok, walau tidak segurih yang memakai keju. Kali ini saya memakai full tepung terigu protein tinggi. Boleh juga kalau mau dimix dengan tepung terigu protein sedang.

SUS KERING

Bahan :
250 ml air
100 gr margarin
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr keju edam parut halus dan chopper sebentar
3 butir telur
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
1. Didihkan air, margarin dan garam.
2. Kecilkan api dan masukkan tepung terigu. Aduk memakai sendok kayu hingga adonan kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata menggunakan mixer.
4. Masukkan keju parut dan baking powder. Kocok hingga tercampur rata.
5. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang sudah diberi spuit (bisa memakai spuit bintang atau spuit kerang). 
6. Semprotkan kecil-kecil di loyang yang sudah dioles tipis margarin. Beri jarak satu dengan yang lainnya.
7. Panggang dengan suhu 190'C selama 15 menit kemudian turunkan suhunya menjadi 120-130'C dan teruskan memanggang hingga kering, kurang lebih selama 20-30 menit. Tergantung masing-masing oven ya.
8. Angkat, dinginkan di atas cooling rack kemudian simpan di wadah kedap udara.

Notes :
- Kenali karakter oven masing-masing, apapun jenis oven yang digunakan, baik oven gas, oven listrik atau oven kompor. Jangan selalu berpatokan pada waktu pemanggangan yang tertulis di resep karena karakter masing-masing oven berbeda.
- Biarkan sus kering benar-benar dalam keadaan dingin sebelum memasukkan ke dalam wadah kedap udara. 




Susah berhenti makan kalau udah ngemil sus kering? Itu saya bangeeet hahahah.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat.
Happy Baking ^^
Disqus Comments