Minggu, 09 Agustus 2015

PUDING SUSU JERUK



Bismillahirrohmanirrohim

Bikin yang simpel-simpel lagi yuk, apalagi kalau bukan puding. Anak-anak saya selalu suka puding, saya pun suka bikinnya karena gampang dan anti gagal. Beberapa hari yang lalu saya sempatkan membuat puding cantik ini untuk dinikmati anak-anak setelah pulang sekolah. Sebenarnya ini cuma puding susu biasa aja. Saya tambahkan nutrisari dan pasta jeruk, sehingga mempunyai aroma jeruk dan terasa segar. Naah...yang bikin puding ini cantik tentu saja adalah cetakannya hehehe. Alhamdulillah ada sahabat baru saya di Bandung yang berkenan mengirimkan cetakan silikon cantik untuk saya. Jazakillah khoir ya teh ^^

Resepnya bisa pakai resep puding andalan masing-masing ya. Kalau suka dengan puding yang kenyal, bisa ditambahkan jelly bubuk. Ada juga yang suka menggunakan white cooking chocolate dan susu kental manis. Untuk puding yang lembut, bisa ditambahkan kuning telur. Kali ini saya pakai resep yang benar-benar simpel alias biasa-biasa aja. Kebetulan ada beberapa kotak nutrisari dalam parcel, punya susu cair dan agar-agar bubuk, tapi saya lagi gak punya white cooking chocolate dan juga jelly bubuk. Ya wis lah pakai yang ada aja. Tadinya mau saya tambahkan kocokan kuning telur agar teksturnya lebih lembut, tapi ternyata saya lupa !! 




Biarpun pudingnya biasa-biasa aja, cuma mengandalkan harumnya aroma nutrisari dan pasta jeruk, tapi anak-anak suka banget. Mungkin juga karena mereka senang melihat penampilannya yang cantik ini. Jadi untuk resep pudingnya, monggo...disesuaikan dengan selera aja ya. Saya buat 2x dari resep di bawah ini dan sisa adonannya saya tuang di cup kecil. 

PUDING SUSU JERUK

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
125 gr gula pasir atau sesuai selera
850 ml susu cair
25 gr nutrisari bubuk (saya pakai rasa jeruk manis)
sejumput garam
1/2 sdt pasta jeruk (optional)

Cara Membuat :
1. Campurkan agar-agar bubuk, gula pasir, garam, nutrisari bubuk dan susu cair. Aduk hingga rata.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.
3. Aduk-aduk agar uap panasnya hilang dan beri pasta jeruk. Aduk hingga rata kemudian tuang ke dalam cetakan. Dinginkan.
4. Simpan di dalam lemari es dan sajikan dingin.

Dulu saya pernah juga beberapa kali membuat puding menggunakan cetakan silikon dan hasilnya pudingnya gak mulus. Bisa dilihati di postingan puding coklat roti tawar ini ya. Bingung juga kenapa kok gak bisa licin pudingnya hehehe. Setelah cari info dari teman-teman, ternyata kalau kita membuat puding dengan menggunakan cetakan silikon, kita tidak perlu membasahi cetakannya dengan air. Setelah saya coba, beneran deh...puding susu jeruk ini bisa mulus kan. Ada juga yang bilang kalau setelah adonan puding dituang di cetakan, di sekeliling cetakan diberi es batu, tapi saya belum pernah coba tips tersebut.




Semoga bermanfaat ya....Bikin puding yuuk ^^
Disqus Comments