Selasa, 11 Agustus 2015

CAKE JERUK (TANPA EMULSIFIER)



Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...kali ini masih postingan yang bertema jeruk ya. Masih juga dalam rangka memperdayakan nutrisari dari parcel lebaran kemarin hehehe. Kali ini saya bikin cake jeruk yang diadaptasi dari resep bolu jerman yang sudah pernah saya posting beberapa waktu yang lalu. Resep asli silahkan bisa dilihat disini ya. Bedanya dengan yang pernah saya buat dahulu, kali ini saya tidak memakai emulsifier. Sengaja saya menggunakan loyang yang sama dengan yang sudah pernah saya pakai dulu biar keliatan bedanya. Next time saya akan coba membuat lagi dengan menambahkan kuning telur sebagai emulsifier alami. 

Bisa dilihat kan gimana bedanya dengan yang sudah pernah saya buat dulu. Cakenya tidak terlalu mengembang, tetapi teksturnya tetap lembut walau lebih "ringan" yang memakai emulsifier. Pori-pori cake juga tetap rapat kok. Cake yang saya buat ini sedikit "berpinggang". Saya kurang tau apakah penyebabnya karena saya tidak memakai emulsifier atau karena saya tidak langsung mengeluarkan cake sesaat setelah saya keluarkan dari loyang. Gak lama juga sih, cuma saya tinggal telpon 10 menit hehehe.




CAKE JERUK 

Bahan :
6 kuning telur
3 putih telur
100 gr gula pasir
60 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
20 gr susu bubuk full cream
30 gr nutrisari bubuk
2 sdm larutan nutrisari
100 gr butter leleh
1/2 sdt pasta jeruk

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (saya pakai loyang tulban 20 cm), oles loyang dengan margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
2. Kocok bersama-sama kuning telur, putih telur, gula pasir, tepung terigu, maizena, susu bubuk, nutrisari bubuk dan larutan nutrisari. Kocok hingga mengembang dan kental, matikan mixer.
3. Masukkan butter leleh dan pasta jeruk, aduk balik hingga tercampur rata.
4. Tuang ke dalam loyang dan hentakkan loyang perlahan untuk mengurangi udara yang ada dalam adonan.
5. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.

In shaa Allah selanjutnya saya buat yang memakai tambahan kuning telur ya, jadi kita bisa lihat perbedaannya. Sstt...semoga malesnya gak dateng >_<

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

Disqus Comments