Jumat, 07 Agustus 2015

CARANG GESING



Bismillahirrohmanirrohim

Carang gesing adalah jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah yang berupa olahan pisang dengan dibungkus daun pisang. Sejak kecil saya terbiasa menikmati carang gesing, tetapi keluarga saya menyebutnya dengan nama "Bongko". Biasanya Mama membuat carang gesing ini dengan memadukan pisang dan irisan roti tawar. Ciri khas dari carang gesing adalah dibungkus dengan daun pisang, tetapi untuk yang pemalas seperti saya, jadilah carang gesing yang dibuat dalam ramekin heuheuheu. Maksudnya sih pengen cari yang praktis aja dan saya juga gak pinter dalam hal bungkus membungkus memakai daun hihihi.

Bahan utama untuk membuat carang gesing adalah pisang dan santan. Pilih pisang yang manis sehingga bisa menghasilkan carang gesing yang enak. Kali ini saya menggunakan pisang kepok atau bisa juga menggunakan pisang raja. Asal jangan pisang ambon lho yaa...karena terlalu lunak teksturnya.







CARANG GESING

Bahan :
500 gr pisang kepok atau pisang raja, potong-potong
300 ml santan
50 gr gula pasir
30 gr gula merah, sisir halus
sejumput garam
1 butir telur, kocok lepas
daun pandan secukupnya, iris-iris

Cara Membuat :
1. Masak santan, gula pasir, gula merah dan garam hingga gula larut. Matikan api dan dinginkan.
2. Masukkan kocokan telur dan irisan daun pandan ke dalam santan. Aduk hingga rata.
3. Tata potongan pisang di dalam ramekin, tuang santan hingga penuh.
4. Kukus hingga matang dan siap disajikan hangat atau dingin.




Saya lebih suka menikmati carang gesing yang sudah dingin, Enak deh...lembut banget. Kalau ditambahkan roti tawar jadi lebih enak lagi lho, anggap aja steam banana bread pudding yaaa...hiyaa...gaya banget kan namanya. 

Semoga bermanfaat ya...Selamat mencoba ^^
Disqus Comments