Rabu, 15 Juli 2015

ONION CHEESE STICK



Bismillahirrohmanirrohim

Menjelang lebaran, saya masih sempat bikin cheese stick lhoo. Bukan karena rajin atau kurang kerjaan, tapi karena memang ini request dari pak suami. Jadi sebisa mungkin disempatkan bikin, itu juga dengan dibantu anak-anak. Mainan sama anak-anak di dapur pasti ribet dan repot? Iyaa pasti itu, tapi it's fun !! Kebetulan anak-anak saya juga sudah mulai besar, usia 10 dan 5,5 tahun, jadi udah mulai bisa bener-bener bantuin dan gak cuma gangguin bundanya hehehe.

Kalau tahun lalu saya bikin celery cheese stick, tahun ini saya bikin onion cheese stick alias stik keju bawang. Menurut saya, masih kurang terasa bawangnya sih, mungkin kurang banyak ya saya ngasih bawangnya, kejunya juga terasa samar-samar aja. Saya sih pengennya lebih dominan rasa bawang dibanding rasa kejunya, eh..ternyata masih kurang terasa juga aroma bawangnya. Next time dicoba lagi ya.

Untuk resepnya saya masih memakai resep cheese stick putih telur seperti yang saya pakai di celery cheese stick dulu. Udah cocok banget dengan resep itu. Yang paling saya suka adalah ketika menggoreng, minyaknya tidak berbusa, jadi kita bisa dengan mudah mengetahui sticknya sudah berwarna keemasan atau belum.
Monggo yang masih sempat bikin jajanan, gak ada salahnya memanfaatkan putih telur sisa cookies untuk dibuat menjadi cheese stick ini.




ONION CHEESE STICK

Bahan :
600 gr tepung terigu serbaguna
150 gr tepung tapioka
100 ml putih telur
100 gr butter / margarin, leleh
100 gr bawang putih, haluskan.
100-125 ml air
200 gr keju cheddar parut
1-1,5 sdt garam
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Campurkan putih telur dan butter leleh. Sisihkan.
2. Dalam suatu wadah, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih halus dan keju cheddar parut. Aduk hingga rata kemudian tambahkan bawang campuran putih telur dan butter leleh. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dipulung.
4. Giling adonan hingga halus dan cetak dengan menggunakan cetakan mie yang berbentuk pipih dengan panjang sesuai selera.
5. Panaskan minyak, goreng cheese stick hingga berwarna coklat keemasan.
6. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Stick-nya renyaah lho. Suka banget deh, dan setiap makan stick ini pasti susah berhenti makannya. Saya sudah siapkan 1 toples juga untuk bekal mudik di jalan, terutama buat pak supir dan bu supir hahahah.

Selamat Mencoba...Semoga Bermanfaat yaa ^^
Disqus Comments