Senin, 18 Mei 2015

ONION CHEESE PIE



Bismillahirrohmanirrohim

Salah 1 buku resep favorit saya adalah "Pastry & Pie Populer" karya senior saya teh Ike K. Hermawan dan mbak Wulan Sucipto. Bisa saya bilang kalau resep-resep di buku tersebut, hampir semuanya jadi favorit keluarga saya. Beneran deh enak-enak. Hayoo...kalau belum punya bukunya, bisa hunting di toko buku, biar lebih puas nyobain resep-resepnya. Nah...dari sekian banyak resep di buku tersebut, yang paling favorit buat keluarga saya adalah onion cheese pie. Udah sering banget saya bikinnya. Selain mudah dan praktis, hasilnya enaak banget. 

Kalau bikin pie, sebenarnya saya lebih suka membuat yang versi jumbo menggunakan loyang bongkar pasang. Alasan utamanya ya karna saya ini mah pemalas, kalau bikin pakai loyang gede kan sekali aja tuh nyetakinnya di loyang hehehe. Kalau pake cetakan kecil-kecil brarti harus nyetak satu persatu dan itu yang bikin saya males. Haduuh...jangan ditiru yaa. Tapi kali ini ceritanya saya lagi pengen aja bikin versi mini dari onion cheese pie. Selama ini saya selalu membuat onion cheese pie dengan memakai loyang pie besar. Kebayang kalau versi mini, kulit pie-nya bakal lebih renyah dan ternyata benar. Asli enak. Renyahnya kulit pie dipadukan dengan isiannya yang lembut dan ngeju. Paas...banget buat cemilan setelah gowes di sore hari hahaha. Itu sih saya banget ya, kalau abis olahraga selalu aja ngemil...hadeeeh.






Monggo untuk yang pengen nyobain, saya tuliskan di sini resep onion cheese pie dari teh Ike dan mbak Wulan. Resep berikut sedikiiit aja saya modif.

ONION CHEESE PIE

Bahan Kulit Pie :
175 gr tepung terigu serbaguna
75 gr margarin
3 sdm air dingin
1/4 sdt garam
30 gr keju cheddar parut

Bahan Isian :
1,5 sdm minyak sayur
3 batang daun bawang, iris-iris
3 butir telur ukuran sedang
2 sdm cream cheese
130 gr keju cheddar parut

Taburan :
keju cheddar atau parmesan

Cara Membuat Kulit Pie :
1. Campur terigu dan margarin, aduk-aduk dengan pisau pastry atau 2 buah garpu hingga berbulir-bulir.
2. Masukkan keju cheddar parut, aduk hingga rata kemudian masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Hentikan penambahan air apabila sekiranya adonan sudah cukup kalis dan dapat dibentuk serta tambahkan air apabila adonan dirasa masih kering. 
4. Bulatkan adonan dan simpan 10 menit di kulkas.
5. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang / cetakan pie, oles tipis dengan margarin atau minyak.
6. Cetak adonan di loyang, rapikan hingga sisi-sisinya dan tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu. Apabila memakai loyang pie besar bongkar pasang, alasi setelah ditusuk-tusuk garpu, alasi dasarnya dengan kertas roti dan letakkan kacang-kacangan di atasnya. Hal ini agar kulit pie tidak menggembung ketika dipanggang.
7. Panggang kulit pie hingga setengah matang, sekitar 10-15 menit tergantung ukuran pie.
8. Angkat dan dinginkan.

Cara Membuat Isian :
1. Panaskan minyak sayur, tumis irisan daun bawang , aduk-aduk selama kurang lebih 1 menit. Matikan api.
2. Kocok telur hingga mengembang, masukkan cream cheese dan kocok kembali hingga rata. Matikan mixer.
3. Masukkan keju cheddar parut, aduk rata kemudian masukkan tumisan daun bawang. Aduk rata kembali.

Assembly :
1. Tuang isian ke kulit pie. Taburi permukaannya dengan keju parut.
2. Panggang selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang.
3. Angkat, biarkan hangat, baru dikeluarkan dari cetakan. Sajikan.

Notes :
- Bisa memakai resep kulit pie favorit ya, baik yang menggunakan telur atau yang menggunakan air dingin.
- Kalau tidak ada, cream cheese bisa diskip. It's oke, tetap enaak kok. Bisa ditambahkan takaran keju parut biar lebih ngeju.
- Untuk variasi bisa ditambahkan smoked beef dalam adonan isiannya, bikin tambah enak lho.




Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat.
Happy Baking ^^
Disqus Comments