Senin, 27 April 2015

LEMON CUSTARD PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan tentang puding lagi ya, tapi yang ini beda. Lemon custard pudding adalah puding yang teksturnya lembut sekali, mirip-mirip klappertaart kalau menurut saya, atau bahkan mirip silky pudding. Bahannya tidak memakai agar-agar atau jelly bubuk, tetapi dibuat dari campuran terigu, maizena, susu dan telur. Jadi jangan bayangkan teksturnya yang kenyal dan set seperti kalau kita membuat puding dari agar-agar atau jelly bubuk ya.

Custard pudding ini mudah sekali dikreasikan menjadi berbagai rasa, bisa pandan, coklat, coffee, strawberry atau yang seperti saya buat kali ini yaitu memakai lemon. Aroma lemonnya dari lemon zest dan air lemonnya terasa sekali. Untuk memperkaya rasa, saya menambahkan remahan wafer di dalamnya dan siraman vla vanilla di toppingnya. Bisa juga memakai remahan oreo atau biskuit favorit dan memakai whipcream kocok untuk toppingnya. Monggo kalau mau dikreasikan sesuai selera ya.






LEMON CUSTARD PUDDING

Bahan :
170 gr gula pasir
30 gr maizena
20 gr tepung terigu serbaguna
500 ml buttermilk (dari 500 ml susu UHT + 1 sdm air lemon)
2 butir telur
1 sdt lemon zest (parutan kulit lemon, jangan sampai kena bagian putihnya ya)
50 ml air lemon
50 gr butter / margarin
wafer secukupnya, hancurkan kasar

Cara Membuat :
1. Dalam panci, masukkan gula pasir, maizena, tepung terigu dan buttermilk. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat.
2. Kocok telur memakai whisker, tuang 1/4 adonan buttermilk dan aduk hingga rata. Tuang lagi adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
3. Tuang kembali ke dalam panci dan masak dengan api kecil sambil diaduk hingga dasar panci.
4. Masukkan lemon zest, air lemon dan butter. Aduk terus hingga mendidih dan mengental. Matikan api dan biarkan hangat atau tidak terlalu cair.
5. Siapkan gelas saji atau cup, tata remahan wafer di dasarnya kemudian tuang adonan puding hingga 1/2 penuh. Tata kembali remahan wafer dan tuang adonan puding hingga penuh.
6. Biarkan set dan simpan di kulkas.




Kalau ingin warnanya lebih menarik, bisa ditambahkan sedikit pewarna kuning. Kalau saya tidak memakai pewarna kuning, jadi warna kuning pucat ini asli dari lemon zest dan air jeruk lemon. Sukaa banget dengan teksturnya yang super lembut. Kata suami, kalau ditambahkan kelapa muda udah mirip klappy hihihi. Klappy rasa lemon kali yaa...

Selamat mencoba...Semoga bermanfaat ya ^^
Disqus Comments