Jumat, 10 April 2015

CAKE PISANG COKLAT KUKUS




Bismillahirrohmanirrohim

Udah lama saya gak bikin cake buat keluarga, apalagi selama 2 minggu harus tinggal di rumah Mama, jadinya jauh dengan oven, mixer dan segala printilannya hihihi. Akhir-akhir ini kalau bikin cemilan ya yang gampang-gampang aja, paling sering ya gorengan lagi gorengan lagi. Mulai dari singkong goreng, pisgor sampai bakwan hahaha. Kebetulan lagi senggang waktunya, dan masih ada 2 pisang ambon yang sudah benar-benar matang dan mulai berbintik hitam kulitnya, jadi saya sempatkan membuat cake pisang (again). Karena di rumah Mama gak ada oven, saya bikin yang versi kukus aja ya. Bahan-bahannya juga yang simpel-simpel aja, yang penting bisa ngerasain lagi cake pisang hangat yang selalu jadi favorit keluarga.

Cake pisang coklat kukus ini cukup simple dan cepat pembuatannya. Sengaja saya tuang di cetakan kecil-kecil karena di rumah Mama juga gak ada loyang yang sesuai. Seperti biasa, saya menambahkan gula palem dalam adonan dan ternyata kurang terasa aromanya, kalah dengan aroma coklat bubuk dan pisangnya. Kalau tanpa penambahan coklat bubuk, aroma gula palem ini terasa sekali lho, tambah sedap apabila dipadukan dengan kayu manis. Monggo disesuaikan dengan selera aja ya.









CAKE PISANG COKLAT KUKUS

Bahan :
3 butir telur
60 gr gula pasir
35 gr gula palem
1/2 sdt emulsifier
80 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
100 gr pisang, lumatkan
60 gr santan kental instan (1 sachet)

Cara Membuat :
1. Siapkan kukusan dan cetakan bolu sakura. Oles cetakan dengan minyak, sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Tuang campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer speed rendah.
5. Masukkan pisang bergantian dengan santan kental. Aduk rata menggunakan spatula.
6. Tuang ke dalam cetakan hingga penuh dan kukus selama kurang lebih 15 menit.
7. Angkat, keluarkan dari cetakan dan siap disajikan.





Biarpun bahan-bahannya simpel, tapi cake ini lembuuut banget. Lumayan sekali buat "tombo kangen" ama cake pisang. Paling suka menikmati cake ini ketika masih hangat, terasa moist banget. Dari 1 resep ini cuma jadi 15 cetakan ukuran kecil, jadi cepet banget habisnya karena makan 1 gak akan terasa hehehe.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ^^
Disqus Comments