Rabu, 15 April 2015

BOLU SAKURA KARAMEL BERBINTIK




Bismillahirrohmanirrohim

Haloo...masih dalam rangka LDR dengan oven, jadi kali ini postingannya tentang yang serba dikukus. Eh ya selain lagi LDR dengan oven, saya juga lagi LDR sama Mr. Spidi. Jadi harap maklum kalau jadi jarang posting, karena koneksi internet saya sementara ini seadanya aja, gak asyik deh kalo buat ngeblog. Maafkan juga kalau lagi-lagi saya belum bisa membalas komen-komen yang sudah masuk di blog saya ini. In shaa Allah kalau saya sudah balik ke "habitat asal", segera saya reply yaa. Hihihi...kaya kemana aja ya kok balik ke habitat asal.

Postingan kali ini adalah tentang bolu sakura. Pastinya udah pada tau donk dengan bolu sakura, kayanya ini udah ada sejak jaman saya kecil dulu. Salah satu kue jadul deh ya, tapi masih tetap ngangenin dan disuka sampai sekarang. Bikinnya gampang, bahan-bahannya juga simpel aja. Dan yang jelas cocok banget dengan saya yang saat ini masih merindukan oven...halaah.








Resep bolu sakura karamek berbintik ini saya dapatkan dari Sajian Sedap dan sedikit aja saya modif, menyesuaikan bahan. Monggo kalau ada yang pingin mencoba juga.

BOLU SAKURA KARAMEL BERBINTIK

Bahan Karamel :
50 gr gula pasir
75 ml air hangat
40 gr margarin leleh

Bahan :
4 butir telur
130 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
150 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
50 gr meises

Cara Membuat :
1. Siapkan kukusan dan cetakan bolu sakura. Olesi cetakan dengan minyak tipis-tipis. Sisihkan.
2. Karamel : Panaskan gula dengan api kecil hingga gula larut, tuang air hangat dan aduk-aduk. Tuang margarin leleh, aduk hingga rata. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
4. Masukkan terigu dan baking powder sambil diayak. Aduk hingga rata atau bisa dikocok dengan mixer speed rendah.
5. Masukkan karamel, aduk balik hingga rata menggunakan spatula. Pastikan tidak ada endapan karamel yang belum tercampur di dasar wadah.
6. Masukkan meises, aduk rata.
7. Tuang adonan ke cetakan, kukus dengan api sedang selama kurang lebih 10-15 menit.
8. Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Kalau gak suka dengan penampilannya yang berbintik-bintik itu, bisa diskip aja meisesnya yaa hehehe. Paling suka menikmati bolu sakura yang masih hangat, enaak banget. Sampai keesokan harinya, bolu sakura ini masih tetap lembut dan moist lho. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^


Disqus Comments