Kamis, 17 Maret 2016

NASI LIWET ALA SUNDA VERSI MAGIC COM



Bismillahirrohmanirrohim

Keluarga saya adalah penggemar nasi liwet. Selain nasi liwet, tentunya kami juga menyukai nasi-nasi gurih lainnya misalnya nasi kuning, nasi uduk atau bahkan nasi tomat. Nasi liwet sendiri dikenal ada 2 versi yaitu nasi liwet yang berasal dari Solo dan nasi liwet khas Sunda. Nasi liwet Solo dimasak menggunakan santan dan biasanya disajikan dengan sayur labu siam yang juga bersantan hehehe. Sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Rasa gurih didapatkan dari pemakaian aneka rempah-rempah seperti sereh, daun salam, bawang merah, bawang putih dan tentunya ikan asin sebagai pelengkapnya. 

Nasi liwet khas Sunda dimasak menggunakan panci khusus yang bernama panci kastrol. Kalau tidak mempunyai panci kastrol bisa juga memasak nasi liwet khas Sunda dengan menggunakan panci yang tebal. Nasi yang dimasak dengan menggunakan panci akan menghasilkan kerak nasi. Kerak nasi ini bisa dijadikan cemilan yang enak lho. Biasanya kerak nasi akan dijemur hingga kering dan digoreng, kalau saya menyebutnya dengan nama "intip". Ssttt...bukan ngintip lho maksudnya hihihi.

Nasi liwet Sunda biasanya menggunakan tambahan ikan asin yang dimasukkan menjelang nasi matang. Ikan yang digunakan bisa teri, jambal roti, peda, ikan sepat atau sesuai selera aja yaa. Nasi liwet biasanya dihidangkan dengan ikan bakar, tahu dan tempe goreng dengan lalapan dan sambal. Lebih nikmat lagi kalau ada sayur asem ya....haduuuh udah laper lagi nih bayanginya.

Buat yang pengen makan enak tapi suka males ribet di dapur, bisa dicoba deh bikin nasi liwet Sunda ini menggunakan magic com. Biasanya saya suka membuat nasi liwet Solo atau nasi kuning menggunakan magic com, naaah kalau nasi liwet Sunda baru pertama ini deeh pakai jurus anti ribet pakai magic com hihihi. Praktis banget deh tinggal iris-iris dan masukin magic com tau-tau ntar udah matang aja. Matur nuwun mamih Indah yang sukses bikin pengen dengan nasi liwet magic com-nya. Eh yaa..hati-hati dengan penggunaan garam ya, sesuaikan dengan ikan asin yang dipakai. Saya memakai teri medan dan jambal roti yang rasanya cukup asin, jadi saya hanya menggunakan sedikit garam. Saya juga menambahkan kemangi biar tambah sedap aromanya.





Sebenarnya tidak ada takaran khusus dalam membuat nasi liwet versi magic com ini. Kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan aja kan ya, seperti kita memasak nasi setiap harinya. Takaran air tentunya juga menyesuaikan dengan kondisi beras yang kita pakai. Rempah-rempah juga demikian. Kalau saya sih pakai rempah yang banyak biar tambah sedap aromanya. Saya menggunakan magic com kecil yang pas untuk 300 gr beras. Silahkan resepnya disesuaikan sendiri yaa

NASI LIWET ALA SUNDA VERSI MAGIC COM

Bahan :
300 gr beras, cuci bersih
600 ml air (sesuaikan kondisi beras ya)
2 batang serai, memarkan
5 daun salam
12 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
10 cabe rawit
1/2 sdt garam (sesuaikan dengan kondisi ikan asinnya ya)
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 genggam kemangi
50 gr teri medan
2 potong jambal roti, potong-potong

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis serai, daun salam, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit hingga harum. Angkat dan tiriskan.
2. Masukkan beras ke panci magic com beserta tumisan bumbu kemudian tuang air sesuai takaran. Masak hingga matang.
3. Goreng teri medan dan jambal roti kemudian masukkan ke dalam magic com. Masukkan pula daun kemangi kemudian aduk hingga tercampur rata. Masak sekali lagi agar nasi "tanak"
4. Setelah matang , aduk-aduk kembali nasi dan siap dihidangkan hangat.

Saya gak bikin sayur asem, gak bikin ikan bakar, cukup goreng tahu dan tempe aja untuk pelengkap nasi liwet ini. Itupun tahu tempenya udah ludes digadoin hahaha. Saya tambahkan juga teri medan yang hangat di atas nasi liwet ini biar kerasa kriuk-kriuknya. Eh ya jangan lupa sambal dan lalapannya, biar makin sedaap.




Praktis sekali kan dan anti ribet. Ntar yaa in shaa Allah difotoin juga kalau pas bikin nasi uduk atau nasi kuning versi magic com, eeeh..tapi pasti udah pada bisa kan ya. Sama aja kan kaya masak nasi biasa cuma ditambahkan santan dan rempah.

Happy cooking...semoga bermanfaat yaa ^^
Disqus Comments