Sabtu, 13 Februari 2016

MUSHROOM FRITATA



 Bismillahirrohmanirrohim

Keluarga saya selalu suka dengan cemilan gurih. Kalau udah bikin yang gurih dan ngeju-ngeju gitu selalu cepat habisnya. Biasanya sih cemilan yang gurih itu gak jauh-jauh dari gorengan atau macaroni schotel, tapi kali ini saya membuat fritata. Fritata adalah salah satu makanan dari Italia yang menggunkan bahan dasar telur. Proses pembuatan cukup mudah dan simple, mirip dengan pembuatan telur dadar tetapi fritata dipanggang. Fritata bisa menggunakan berbagai bahan pelengkap, misalnya sayuran, daging, keju atau bahkan pasta.

Fritata yang saya buat ini diadaptasi dari resep fritata italia NCC. Pada resep asli menggunakan smoke chicken sebagai salah satu pelengkapnya. Karena saya tidak punya smoke chicken, sebagai gantinya saya memakai daging giling dan irisan jamur kancing. Saya tambahkan juga paprika merah di dalamnya. Bisa juga memakai pelengkap ayam giling, smoke beef, sosis atau bahkan kornet. Kalau gak punya paprika merah, bisa juga memakai irisan cabe merah, enaaak juga, saya udah pernah nyobain.

 


MUSHROOM FRITATA

Bahan :
1 butir bawang bombay, cincang halus
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
150 gr daging giling
10 jamur kancing, iris tipis
1/2 paprika merah, potong dadu kecil
1 sdt merica hitam
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk non MSG
1/4 sdt gula pasir
12 butir telur
75 gr keju cheddar parut
3 sdm parsley cincang
3 sdm olive oil

Cara Membuat :
1. Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Masukkan jamur dan paprika kemudian bumbui dengan garam, merica hitam, kaldu dan gula. Aduk hingga rata dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Kocok telur hingga rata, saya menggunakan mixer sebentar saja hingga telur berbusa. Masukkan keju parut dan parsley. Aduk hingga rata.
4. Siapkan loyang muffin, beri tumisan daging hingga 1/3 penuh kemudian tuang adonan telur hingga penuh. Lakukan hingga habis.
5. Panggang dengan suhu 200'C selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
6. Angkat, keluarkan dari loyang dan sajikan dengan saus sambal favorit.





Selain untuk cemilan keluarga, fritata ini bisa juga menjadi salah satu alternatif isian snack box. Letakkan fritata di atas paper cup, tambahkan saus sambal sachet, cantiik deh jadinya. 

Happy baking...semoga bermanfaat ya
Disqus Comments