Senin, 08 Februari 2016

LEMON MOJITO



Bismillahirrohmanirrohim

Mojito (dibaca : mouhito) sebenarnya adalah sejenis minuman beralkohol yang berasal dari Kuba. Mojito dibuat dari rhum putih, gula, limun, air soda dan daun mint. Dalam pembuatan mojito, limun dicampurkan dengan gula dan ditambahkan daun mint. Daun mint hanya boleh dimemarkan sedikit hanya untuk mengeluarkan minyaknya dan tidak diiris kecil-kecil. Selanjutnya rhum ditambahkan dan mojito diaduk sedikit untuk melarutkan gula dan mengangkat daun mint dari dasar gelas. Mojito kemudian ditambahkan es batu dan air soda, siap untuk disajikan (Wikipedia)

Pada perkembangannya mojito populer ke berbagai negara dan dikenal sebagai minuman yang dinikmati pada musim panas. Mojito juga mengalami beberapa penyesuaian, yaitu tidak menggunakan rhum sehingga bisa dinikmati siapa saja. Mojito juga dikreasikan dengan aneka buah, misalnya strawberry, lemon, jeruk atau bahkan kiwi. Mojito yang saya buat ini tentunya juga menggunakan bahan-bahan yang halal, zero alcohol pastinya. Saya membuat lemon mojito dengan memakai air soda, simple syrup, lemon dan mint.

Sebenarnya aneeh juga ya, katanya mojito tuh minuman yang populer pada saat musim panas, lha ini saya bikinnya pas musim penghujan hahaha. Di tempat saya pun setiap hari hujan, tapi kalau siang tuh tetap terasa gerah. Sinar matahari gak terik sih bahkan suka malu-malu gitu, tapi ya itu geraaah banget. Apalagi kerjaan saya banyak di luar ruangan, jadinya kalau sampai rumah suka pengen minum yang dingin biar kerasa nyeeess gitu hihihi. Padahal saya sebenarnya jarang juga minum minuman dingin, bahkan air putih juga saya jarang minum yang dingin. Minum minuman bersoda juga jarang banget. Jadi sesekali gak apa-apa laah ya bikin mojito, mumpung lagi punya banyak lemon juga. Biasaaa lemon modis alis modal diskon heuheuheu.






LEMON MOJITO

Bahan :
2 buah lemon, iris tipis dan peras airnya
500 ml air soda
simple sirup (air gula)
daun mint secukupnya
es batu secukupnya

Cara Membuat :
1. Siapkan gelas saji, masukkan beberapa irisan lemon dan daun mint ke dalamnya kemudian gepuk-gepuk hingga sari lemon dan daun mint keluar.
2. Tuang 2-3 sdm simpel sirup dan air lemon.
3. Tuang air soda hingga hampir penuh dan beri es batu. Aduk perlahan sebentar saja.
4. Segera sajikan.

Note :
Simple sirup dibuat dengan cara melarutkan gula dan air hingga mendidih. Biasanya saya menggunakan perbandingan gula dan air 2:1. Misalnya 200 gr gula dicampurkan dengan 100 ml air, dimasak hingga mendidih dan gula larut. Setelah dingin biasanya saya menambahkan vanilla essens untuk menambah aroma




Subhanallah nikmat sekali. Segeeer banget. Mungkin karena memang enak atau mungkin juga karena saya yang gak gaul jarang-jarang minum minuman soda jadi terasa nikmat banget hihihi. Ntar pengen bikin juga yang pakai strawberry, pasti enak juga ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya.
Disqus Comments