Kamis, 18 Februari 2016

KAKI NAGA



 Bismillahirrohmanirrohim

Emang naga itu ada yaa? Kok ada juga makanan yang namanya kaki naga hihih. Waktu bikin ini saya malah jadi ingat dengan salah 1 film favorit saya yaitu "Harry Potter and the Goblet of Fire". Kenapa jadi malah ingat Harry Potter? Karena di film tersebut ada tuh adegan si Harry harus melawan naga hahaha. Tuh kaan malah gak nyambung kemana-mana. 

Kembali ke kaki naga ini ya. Saya sendiri gak tau kenapa ini dinamakan kaki naga, bahkan sebenarnya saya belum pernah makannya. Cuma tau aja kalau kaki naga itu adalah mirip-mirip nugget tetapi ditusuk dengan stick. Sebenarnya lebih cakep tuh ya kalau pakai stick es krim, karena sticknya gede jadi ntar kaki naganya kita buat gede-gede juga. Naah kalau punya saya ini gak montok sama sekali hihihi. Cuma punya tusuk sate di rumah, itupun yang kecil jadinya kaki naga yang saya buat menyesuaikan gini. Alesaaan banget deh yaa.

Untuk resepnya bisa menggunakan resep nugget, tetapi kali ini saya memakai resep yang tanpa roti tawar. Saya tambahkan juga sedikit parutan wortel dan keju parut di dalamnya, biar lebih bergizi gitu maksudnya.




KAKI NAGA

Bahan :
200 gr fillet ayam (saya pakai full bagian paha)
100 gr udang kupas
50 gr wortel parut halus
1/2 butir bawang bombay, cincang hingga halus
5 siung bawang putih, cincang
1 butir telur 
50 gr keju cheddar parut
50 gr tepung kanji
1,5 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
tusuk sate bagi menjadi 3 atau 4 bagian, atau bisa juga memakai stick es krim

Pelapis :
1-2 butir telur, kocok lepas (saya pakai stok putih telur)
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
1. Masukkan fillet ayam, udang kupas, wortel, keju parut, bawang bombay, bawang putih, telur, garam, kaldu bubuk, merica dan gula pasir dalam food processor. Proses hingga halus.
2. Tambahkan tepung kanji, aduk hingga rata dan halus.
3. Olesi tangan dengan sedikit minyak, ambil adonan dan bentuk lonjong, beri tusuk sate. Lakukan hingga habis.
4. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan dinginkan.
5. Celupkan kaki naga ke kocokan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga habis.
6. Panaskan minyak, goreng hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
7. Sajikan hangat dengan saus sambal favorit.

Notes :
- Kalau gak punya food processor, bisa diaduk aja langsung ya, tetapi pastikan ayam dan udang sudah halus. 
- Setelah dipanir, kaki naga bisa disimpan di wadah kedap udara dan letakkan di freezer. Sebelum digoreng bisa dithawing dulu sebentar yaa.
 



Akhirnya bisa juga ngerasain kaki naga hehehe. Anak-anak jelas sukaaa sekali. Bolak-balik dicemilin gitu aja. Gak perlu khawatir juga makannya, karena kita bikin sendiri jadi tau kualitas bahan yang dipakai.

Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat
Disqus Comments