Selasa, 23 Februari 2016

CHOCOLATE CUPCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Entah ada angin apa ya kok tiba-tiba pengen banget menikmati cupcake coklat hangat. Ngidam bund? Hiyaaa...ngidam alias kepengen aja. Akhirnya diniatin banget nguprek di dapur demi cupcake coklat. Kebetulan juga saya beberapa waktu yang lalu menyimpan resep cupcake hasil nyontek di IG, jadi sekalian nyobain resep baru kaan.

Untuk membuat cupcake coklat ini memang paling asyik kalau pakai filling. Bisa memakai selai strawberry, selai bluberry, nutella, ovomaltine atau bahkan lemon curd. Kali ini saya memakai filling dulce de leche yang dulu sudah pernah saya posting ya. Sengaja kali ini saya gak bikin frosting, karena memang lagi pengen menikmati cupcake coklat yang "plain" aja. Kalau ingin memakai frosting paling enak memang menggunakan ganache. Selain itu saya juga suka memakai buttercream coklat atau buttercream kopi. Silahkan disesuaikan aja dengan selera aja yaa.

Eh ya ngomong-ngomong soal buttercream, sebenarnya saya udah pernah posting juga lho resep buttercream andalan saya di blog ini. Memang bukan postingan khusus buttercream tetapi jadi satu dengan postingan BDCK anak saya dan juga postingan opera cake. Pengennya sih nanti bikin postingan khusus tentang buttercream karena memang seriiing banget yang nanya resepnya. In shaa Allah ntar kalau saya bikin buttercream ya, difotoin deh hihihi. Sejak Dapur Nays off saya mah jarang banget bikin buttercream.





Resep cupcake ini saya adaptasi dari resep Dhea Meirina dan sedikit dimodif. Karena saya tidak memakai frosting, saya tambahkan sedikit gula pasir pada adonannya. Kalau akan memakai frosting menurut saya tidak perlu ditambahkan gulanya karena akan ada rasa manis dari frostingnya. Cupcake-nya  moist dan nyoklat. Monggo yang pengen nyobain

CHOCOLATE CUPCAKE

Bahan A :
200 gr butter
100 gr gula palem
30 gr gula pasir (resep asli tidak pakai)

Bahan B :
200 gr tepung terigu serbaguna
40 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam

Bahan C :
100 ml plain yoghurt (bisa juga pakai buttermilk atau susu)
4 butir telur
----> kocok ringan

Bahan Tambahan :
75 gr chocochips
dulce de leche untuk filling

Cara Membuat  :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan cupcase dan letakkan di loyang cupcake. Sisihkan.
2. Campur dan ayak bahan B. Sisihkan.
3. Kocok bahan A hingga tercampur rata kemudian masukkan sebagian bahan B bergantian / berselang-seling dengan bahan C. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata.
4. Masukkan chocochips, aduk hingga rata.
5. Tuang adonan hingga 1/2 penuh, beri filling dulce de leche kemudian tuang kembali adonan hingga 3/4 penuh. Lakukan hingga habis.
6. Panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
7. Angkat dan pindahkan ke cooling rack. Siap disajikan atau dihias ketika sudah dingin.


Tuuh...keliatan gak filling dulce de leche-nya ^^

Chocolate cupcake ini bisa jadi salah satu alternatif base cupcake-nya. Enak kok rasanya. Cobain deeh...smoga aja sesuai dengan selera yaa.

Happy baking...semoga bermanfaat ^^


Disqus Comments