Kamis, 21 Januari 2016

CAKE TAPE MBAK R



Bismillahirrohmanirrohim

Lagi punya banyak tape Jember di rumah, berasa punya harta karun aja hihihi. Saya suka banget tape Jember karena terkenal manis dan legit. Biasanya di tempat saya juga ada yang jual, tapi tentunya gak setiap hari ada, jadi kalau pas liat di toko bisa dipastikan saya pasti langsung beli. Namanya juga fans tape Jember yaa. Biasanya saya suka langsung makan aja tape-nya, tapi karena sekarang lagi punya banyak jadi sebagian saya olah menjadi cake tape yang juga jadi favorit keluarga.

Resep cake tape ala Mbak R ini pernah populer beberapa waktu yang lalu. Udah pada tau kan Mbak R? Beliau adalah Mbak Rachmah Setyawati, master cake dari Surabaya. Cake tape ala Mbak R ini nama aslinya adalah proll tape Surabaya ala Mbak R, tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai cake tape karena memang teksturnya lebih lembut dibanding proll tape. Resep ini udah jadi andalan banget, karena selain enak cake ini tidak menggunakan bahan tambahan. No cake emulsifier, no baking powder, no baking soda. Asyiik kan tuh ^^



Resepnya duluuuu banget udah pernah saya posting ya, kalau males ngubek-ngubek blog, saya tuliskan lagi disini yaa. Eh yaa...resep di bawah untuk loyang ukuran 18x18 cm ya. Saya pakai loyang silikon baru nih (cieee) dan masih ada tambahan lagi 2 cup.

CAKE TAPE MBAK R

Bahan :
175 gr tape singkong, buang sumbunya
1 sachet susu kental manis putih
4 butir telur utuh 
90 gr gula pasir
75 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk full cream
10 gr maizena
75 gr butter / margarin
25 gr olive oil / vegetable oil

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang, oles margarin, alasi kertas roti dan olesi kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena. Sisihkan.
3. Haluskan tape menggunakan sendok, beri susu kental manis dan campur hingga rata dan halus. Sisihkan.
4. Lelehkan butter dan minyak, biarkan dingin.
5. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental berjejak kemudian masukkan tape dalam 2 tahap sambil tetap dikocok dengan kecepatan rendah. Jangan terlalu lama mengocoknya ya, sampai asal tercampur saja. Matikan mixer.
6. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. 
7. Masukkan campuran butter leleh dan minyak, aduk rata menggunakan spatula.
8. Tuang ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 30-35 menit.
9. Angkat dan keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Note :
- Pastikan kocokan telur benar-benar sudah mengembang dan kental berjejak ya.
- Saat mengaduk dengan spatula, jangan terlalu lama agar adonan tidak "turun" terlalu banyak
- Setelah dituang ke loyang, hentakkan loyang perlahan untuk mengurangi udara yang ada dalam adonan. Saya pakai loyang silikon jadi gak bisa mengehentakkan loyang, bisa tumpaah adonannya hihihi.




Cake tape saya ini mah plain aja ya, gak pakai tambahan apa-apa. Bisa ditambahkan keju atau kismis dalam adonannya atau bisa juga diberi topping keju, enaak deh. Kalau suka chocochip bisa juga ditambahkan. Sesuaikan aja dengan selera keluarga yaa.

Alhamdulillah...untuk cemilan sore hari, walaupun pas sore udah tinggal 1/2 loyang hahaha.

Happy Baking...Semoga Bermanfaat ^^
Disqus Comments