Selasa, 08 Desember 2015

UNBAKED KLAPPERTAART



Bismillahirrohmanirrohim

Saya dan keluarga selalu suka klappertaart aka klappy. Kayanya gak ada bosennya deh kalau makan klappy. Jadilah klappy jadi salah 1 makanan yang sering saya buat di rumah. Berbagai variasi klappy juga sudah saya coba, misalnya cheese, choco, pandan, cappuccino atau bahkan klappy labu. Eh...ada jenis klappy yang belum pernah saya buat dan belum pernah pula saya makan, yaitu klappy durian heuheuheu. Kalau itu kayanya saya gak akan ada niat untuk bikin deh >_<

Kali ini saya akan sharing tentang unbaked klappertaart. Sesuai dengan namanya maka klappy ini tidak memerlukan proses pemanggangan, tinggal aduk-aduk aja, tuang ke dalam cup atau gelas saji, dinginkan dan siap disajikan dengan topping sesuai selera. Karena tidak ada proses pemanggangan jadi unbaked klappy ini tidak memakai topping putih telur. Mungkin bisa juga sih memakai topping meringue atau putih telur dan dimatangkan dengan blow thorch. Saya gak punya alatnya sih hehehe.

Bisa juga membuat unbaked klappertaart ini memakai resep yang biasa saya posting, tapi biasanya untuk versi ini saya memakai resep dari Hanna's Klappertaart yang pernah diposting di Tabloid Lezat. Saya modif sedikit dengan menggunakan tepung custard. 






Unbaked klappertaart ini bisa juga divariasikan menjadi berbagai rasa ya. Tambahkan keju parut, jadilah cheese klappy, tambahkan cooking chocolate cincang untuk bikin choco klappy atau bisa juga ditambahkan matcha powder. Toppingnya juga sesuaikan aja dengan selera yaa.

UNBAKED KLAPPERTAART

Bahan :
100 gr tepung terigu (saya pakai 75 gr tepung terigu dan 25 gr tepung custard)
1/2 gelas air
1 liter susu cair
1 kaleng susu kental manis
1 sdm ekstrak vanilla
150 gr butter
200 gr gula pasir
6 kuning telur
3 kelapa muda, keruk dagingnya

Topping :
Kayu manis bubuk
Almond slice panggang
Kismis
Keju cheddar parut

Cara Membuat :
1.Campur tepung terigu dan tepung custard dengan air kemudian masukkan kuning telur. Aduk dengan menggunakan whisker hingga tercampur rata.
2. Saring campuran tepung ke dalam tepung kemudian masukkan susu cair, 1/2 kaleng susu kental manis, mentega dan gula. 
3. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan mengental.
4. Masukkan kelapa muda, aduk hingga rata dan tuang sisa susu kental manis. Aduk rata hingga meletup-letup. Matikan api.
5. Masukkan ekstrak vanilla, aduk hingga rata dan dinginkan.
6. Tuang adonan ke dalam cup atau gelas saji dan beri topping sesuai selera.
7. Simpan di dalam lemari es dan sajikan dingin.




Selamat mencoba yaa ^^
Disqus Comments