Rabu, 16 Desember 2015

CHICKEN POP CORN



Bismillahirrohmanirrohim

Chicken pop corn adalah ayam tanpa tulang yang bentuknya kecil-kecil dan dibalut dengan kulit crispy. Kenapa hayo kok disebut chicken pop corn? Kan ukurannya juga lebih besar jika dibandingkan dengan pop corn hihihi. Mungkin karena bentuknya mungil dan easy to bite. Pop corn juga gitu kan. Chicken pop corn ini adalah salah satu favorit anak-anak saya. Kalau saya sudah bilang akan bikin chicken pop corn, bisa dipastikan mereka langsung "terjun" ke dapur. Ceritanya sih mau bantuin bundanya, mulai dari memasukkan potongan ayam ke adonan pencelup sampai menggulingkan di tepung pelapis. Dengan stand by di dapur, ketika chicken pop corn ini matang, mereka kan bisa langsung angkut tuh hihihi.

Seperti halnya ketika saya membuat yang serba crispy, saya memakai tepung terigu dan maizena. Ketika membuat jamur crispy, saya juga memakai dua jenis tepung tersebut. Bahan tambahan yang saya pakai untuk membantu merenyahkan adalah baking powder. Selain memakai tepung terigu dan maizena, ada juga yang memakai paduan tepung terigu dan tepung sagu / kanji. Kalau mau yang praktis bisa pakai tepung crispy siap pakai yang banyak dijual di pasaran ya. Sekarang ini banyak juga produk yang non MSG.




CHICKEN POP CORN

Bahan :
300 gr fillet ayam, potong dadu kecil
Minyak goreng secukupnya

Bahan Pencelup :
5 sdm tepung terigu
3 sdm maizena
1 sdt baking powder
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk (bisa diskip, saya pakai kaldu bubuk non MSG)
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih haluskan
air dingin secukupnya

Bahan Pelapis :
10 sdm tepung terigu
4 sdm maizena
1 sdt baking powder
2 sdt garam atau sesuai selera
1/2 sdt kaldu bubuk 
----> aduk rata semua bahan pelapis

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan kering untuk pencelup dan aduk hingga rata. Tuang air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kental.
2. Celupkan potongan ayam ke dalam bahan pencelup kemudian gulingkan ke dalam bahan pelapis hingga potongan ayam tertutup tepung. 
3. Cubit-cubit potongan ayam sehingga hasil luarnya bisa kriwil / keriting.
4. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng ayam hingga coklat keemasan.
5. Angkat, tiriskan dan sajikan hangat.




Favorit anak-anak saya, dinikmati dengan mayonaise. Dicocol saus sambal favorit juga enak kok. Alhamdulillah...lumayan banget kan buat camilan di rumah.

Selamat mencoba ya ^^
Disqus Comments