Rabu, 25 November 2015

KEPITING SAUS PADANG



Bismillahirrohmanirrohim

Seperti biasa kalau belanja ke pasar, saya pasti berhenti di sudut favorit saya yaitu di ibu penjual ikan dan hasil laut. Selalu suka liat ikan segar berderet di nampan dan kalau udah gitu pasti saya ngiler untuk beli. Maklum kami sekeluarga suka sekali dengan menu ikan dan hasil laut lainnya. Kemarin itu saya gak beli ikan karena saya pengen masakin kepiting buat suami saya. Kalau saya menikmati menu kepiting, wajib ditemani suami karena saya paling males banget nyungkil-nyungkil daging kepitingnya, maunya tinggal makan aja hahaha. Pokoknya saya tinggal nungguin hasil kerja keras suami ngorek-ngorek daging kepitingnya >_<

Saya cuma beli 3 ekor kepiting dengan berat kurang lebih 600 gr, lumayan besar juga. Suami saya suka olahan kepiting yang simpel-simpel aja seperti dimasak mentega atau saus tiram. Nah...kali ini saya bikin kepiting saus padang yang pedeeees. Tumben ya masak yang super pedes hehehe, ini mah karena untuk anak-anak udah dimasakin udang saus tiram favorit mereka. Pokoknya hari ini temanya sea food. Gak apa-apa ya sesekali makan yang high cholesterol gini, kan gak sering juga. Ngebayangin makan kepiting saus padang ditemani nasi hangat aja kayanya udah laper duluan atuh ^^




KEPITING SAUS PADANG

Bahan :
3 ekor kepiting (kurleb 600 gr)
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 cabe merah besar, iris
5 sdm saus sambal
3 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
200 ml air
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
4 cabe merah
5 cabe rawit

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan cabe hingga harum.
2. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan kecap ikan. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
4. Tuang air, masak hingga mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan kepiting, aduk rata hingga matang dan terbalut saus. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang, aduk rata.
6. Sajikan hangat.

Simpel aja kan masaknya, tapi Alhamdulillah nikmat sekali. Besok back to the basic ya, makannya pakai tempe goreng tepung favorit hihihi.

Happy Cooking....semoga bermanfaat ^^
Disqus Comments