Rabu, 14 Oktober 2015

MIE GORENG DI TAHUN BARU 1437H



Bismillahirrohmanirrohim

HAPPY ISLAMIC NEW YEAR 1437H
Semoga dengan bergantinya tahun ini, semakin bertambah juga semangat kita untuk Hijrah menjadi lebih baik lagi. Aamiin Allahumma Aamiin.

Walaupun hari ini tanggal merah, hari libur karena tahun baru, tapi tidak ada acara special. Yang ada malah kami sekeluarga bermalas-malasan di tempat tidur berempat hihihi. Sampai akhirnya saya harus prepare sarapan dan bingung mau bikin apa. Akhirnya saya bikin french toast dan juga mie goreng ini. Gak nyambung lagi? Harap maklum yaa hahaha.

Postingan gak penting banget ya tentang mie goreng >_<, tapi gak apa-apa yaa. Mie goreng memang sering jadi penyelamat saya disaat saya gak punya ide mau bikin apa dan juga pas lagi diburu waktu. Anak-anak juga selalu suka dengan mie goreng, mulai dari mie goreng yang paling sederhana cuma pakai telur dan sosis sampai nasi goreng jawa spesial. Dan seperti biasa kalau bebikinan gini selalu menyesuaikan dengan stok bahan di kulkas.

Mie goreng yang saya buat tadi pagi juga sebenarnya cukup simpel. Saya cuma pakai telur, sosis dan ayam. Ayam yang saya pakai juga ayam ungkep yang memang sering saya stok di kulkas. Parahnya, telur yang sudah saya siapkan untuk dibuat orak-arik di mie goreng ini malah kelupaan huhuhu. Akhirnya bikin telur ceplok aja.  Sayurannya saya cuma punya tauge dan selada, padahal enak juga ya kalau pakai sawi atau kol. Kalau mau lebih lengkap, bisa juga pakai wortel dan buncis, pasti lebih enak. Bumbu yang saya pakai juga sederhana aja, kali ini saya gak pakai kemiri. Kalau bikin mie goreng jawa, baru deh saya pakai kemiri. 

MIE GORENG

Bahan :
200 gr mie basah / mie kering yang direbus hingga matang
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
1 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
4 sosis, iris tipis
200 gr ayam (saya pakai ayam ungkep yang disuwir)
3 sdm saus tiram
4 sdm kecap manis
1 sdm kecap ikan
3 sdm saus tomat / saus sambal
50 gr tauge
2 cabe merah, iris serong
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak

Pelengkap :
Selada
Bawang goreng
Kerupuk

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang putih bersama merica dan garam.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabe merah, sosis, ayam dan telur orak-arik (bila pakai). Aduk hingga rata.
3. Tuang kecap manis, kecap ikan, saus tiram dan saus tomat. Aduk hingga rata.
4. Masukkan mie dan tauge. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang.
6. Angkat dan hidangkan dengan pelengkap. 




Never skip your breakfast ya ^^
Semoga bermanfaat & happy cooking. 
Disqus Comments