Rabu, 07 Oktober 2015

AYAM PANGGANG TERIYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Ayam panggang teriyaki ini adalah salah satu olahan ayam favorit anak-anak saya. Kalau saya sudah masak ini bisa dipastikan mereka tambah lahap makannya. Apalagi si adek yang bisa nambah berkali-kali. Ayam panggang teriyaki ini juga jadi "pembuka" kegiatan saya di dapur...cieeee. Kangen masakin anak-anak, jadi pertama yang saya bikin adalah menu favorit mereka berdua.

Ayam panggang teriyaki ini gampang banget bikinnya, bahannya juga simpel kok. Proses pemanggangan memang agak lama agar bumbu benar-benar meresap, tapi sebanding lah dengan hasilnya. Biar bumbu tambah meresap, jangan lupa rendam potongan ayam di bumbu perendamnya minimal selama 30 menit ya. Saya sih seringnya udah prepare sejak pagi, jadi bisa lama banget ngerendamnya hehehe. Bikin yuuuk ^^




AYAM PANGGANG TERIYAKI

Bahan :
750 gr ayam (saya pakai bagian paha)
4 siung bawang putih, parut
2 cm jahe, parut
1/2 butir bawang bombay
3 sdm saus teriyaki
1 sdm kecap asin
2 sdm saus tiram
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
100-150 ml air
wijen sangrai secukupnya, untuk taburan

Cara Membuat :
1. Campurkan bawang putih, jahe, bawang bombay, saus teriyaki, kecap asin, saus tiram, merica bubuk dan gula pasir. Aduk hingga rata kemudian tambahkan air. Aduk rata kembali.
2. Masukkan potongan ayam, aduk rata dan diamkan di kulkas minimal selama 30 menit.
3. Panaskan wajan anti lengket, tuang potongan ayam beserta bumbunya. Aduk-aduk sebentar hingga berubah warna. Angkat.
4. Pindahkan ayam beserta bumbunya ke dalam loyang atau pinggan tahan panas. Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 50 menit. Sesekali bolak-balikkan ayam dan olesi dengan bumbunya selama proses pemanggangan.
5. Angkat, taburi wijen sangrai dan siap dihidangkan,




Alhamdulillah....seneng banget kan kalau anak-anak lahap makannya. Padahal menunya juga sederhana aja kan. Sayurnya saya cuma masak bening bayam. Gak nyambung banget ya hahaha. Biarpun gak nyambung, anak-anak mah oke-oke aja tuh malah seneng banget gadoin bening bayamnya. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^
Disqus Comments