Kamis, 20 Agustus 2015

PUDING ROTI PISANG KUKUS



Bismillahirrohmanirrohim

Halo...masih postingan tentang carang gesing nih sebenarnya, tapi kali ini saya tambahkan roti tawar hihihi. Biar beda dan keren, judulnya diganti aja dengan puding roti pisang kukus euy. Padahal mah sebenarnya sama aja dengan carang gesing yang sudah pernah saya posting beberapa hari yang lalu >_<. 

Puding roti atau bread pudding memang sangat mudah divariasikan dengan berbagai bahan. Aneka olahan puding roti bisa dilihat disini ya. Kalau ditanya mana yang paling enak, pasti saya bingung jawabnya karena memang saya penggemar puding roti. Tapi yang paling saya suka adalah "apple cinnamon bread pudding". Saya memang lebih sering membuat puding roti dengan cara dipanggang menggunakan teknik steam bake atau au bain marie. Nah...untuk kali ini saya kukus dan menggunakan santan seperti halnya carang gesing. Bikinnya tentu saja gampang banget, karena kalau susah saya juga bakalan males bikinnya. Maklum beginilah tipikal orang pemalas *eeeh*. Jangan ditiru yaa.

PUDING ROTI PISANG KUKUS

Bahan :
400 gr pisang kepok atau raja, potong-potong
4 lembar roti tawar, potong-potong (lebih oke yang pakai kulit, kali ini saya pakai tanpa kulit)
400 ml santan
50 gr gula pasir
30 gr gula merah, sisir halus (boleh pakai gula palem)
sejumput garam
1 butir telur, kocok lepas
2 helai daun pandan, iris-iris

Cara Membuat :
1. Campurkan santan, gula pasir, gula merah dan garam. Masak sebentar sambil diaduk hingga gula larut. Matikan api dan dinginkan.
2. Masukkan kocokan telur dan irisan daun pandan ke dalam santan. Aduk hingga rata.
3. Tata potongan pisang dan roti tawar di pinggan tahan panas kemudian tuang larutan santan hingga penuh.
4. Kukus hingga matang dan siap disajikan hangat atau dingin.




Teksturnya jadi lebih padat bila dibandingkan dengan carang gesing dan tentunya lebih mengenyangkan. Selain sebagai dessert, bisa dijadikan variasi menu sarapan juga lho, apalagi bikinnya juga gampang dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
Disqus Comments