Senin, 17 Agustus 2015

NASI GORENG TERI



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan iseng banget yaa, tentang nasi goreng. Padahal siapapun pasti bisa bikin nasi goreng kan. Nasi goreng juga sering jadi "penyelamat" agar sisa nasi tidak terbuang. Tinggal diolah sekejap di penggorengan, ditambah dengan pelengkap yang menyesuaikan isi kulkas, jadi deeeh nasi goreng untuk sarapan hihih. 

Kali ini saya membuat salah 1 nasi goreng favorit saya yaitu nasi goreng teri. Saya memakai teri medan atau ada juga yang menyebutnya teri nasi. Selain nasi goreng teri, saya juga suka membuat nasi goreng jawa. Hayoo...gimana tuh nasi goreng jawa? Nasi goreng jawa ala saya, bumbunya diuleg, tanpa saus tomat, jadi hanya memakai kecap manis saja dan yang wajib adalah memakai tauge. Bisa juga ditambahkan sedikit mie, jadilah nasi goreng mawut atau orang Yogya menyebutnya "magelangan". Betul taak?

Kembali ke nasi goreng teri, saya tidak memakai kecap manis, karena saya mau warna nasinya tetap terang dan dominan rasa gurihnya. Untuk pelengkapnya saya pakai irisan cabe dan telur saja, silahkan disesuaikan dengan selera aja ya. Kebetulan teri yang saya pakai ini tidak terlalu asin, tapi ada juga kan teri yang asin jadi kita harus hati-hati ketika memakai kecap asin dan garamnya. Biar lebih enak dan tetap terasa kriuk, teri selalu saya masukkan belakangan. 





Ini resep nasi goreng teri suka-suka ala saya, bumbunya dikira-kira aja yaa...

NASI GORENG TERI

Bahan :
1 piring penuh nasi (kurleb 350 gr)

3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
2 butir telur, kocok lepas
1 cabe merah besar, iris serong
1 cabe hijau, iris serong
5 cabe rawit, iris halus
1 genggam tauge
1,5 sdm kecap ikan
2 sdm teri medan, goreng
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris
3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum kemudian sisihkan ke tepi wajan.
2. Tuang telur, aduk rata hingga menjadi orak-arik.
3. Masukkan cabe merah, cabe hijau, cabe rawit dan tauge. Aduk hingga rata.
4. Masukkan nasi putih, kecap ikan, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk-aduk hingga rata dan masak hingga matang. Test rasa hingga sesuai selera yaa.
5. Menjelang diangkat, masukkan teri dan daun bawang. Aduk rata sebentar.
6. Angkat dan segera sajikan hangat.





Happy Cooking...semoga bermanfaat ^^
Disqus Comments