Selasa, 12 Mei 2015

SUP AYAM KLATEN



Bismillahirrohmanirrohim

Sup ayam Klaten adalah sup yang terkenal berasal dari Klaten - Jawa Tengah. Yang paling terkenal adalah sup ayam Pak Min. Konon sup ayam Pak Min sudah ada sejak 50 tahun yang lalu dan sampai sekarang rasanya tidak berubah. Sup ayam Klaten memakai bahan utama ayam kampung dan tidak memakai sayuran dan bahan lainnya seperti makaroni atau bakso seperti sup pada umumnya. Sup ayam Klaten terdiri dari potongan ayam kampung dengan kuah yang diberi daun bawang dan taburan bawang goreng. Apabila kita berkunjung ke warung sup ayam Klaten, misalnya sup ayam Pak Min tersedia berbagai pilihan. Kita bisa memilih bagian ayam favorit kita, misalnya dada, paha, sayap atau bahkan campur. 

Bumbu yang dipakai untuk membuat sup ayam ini sangat sederhana tapi rasanya nikmat banget. Kuncinya adalah pemakaian ayam kampung. Ayam kampung yang direbus dengan api kecil menghasilkan kuah kaldu yang sedap. Penggunaan api kecil bertujuan agar kuahnya tetap bening. Naah...ada "cara sesat" yang saya pakai sih biar kuahnya tetap bening walau tumisan bumbunya sudah dimasukkan. Setelah matang, potongan ayam saya tiriskan dan diletakkan di wadah lain, selanjutnya kuahnya disaring jadi tetap bening seperti ketika bumbu belum masuk hehehe. Sesaat ya caranya.

Monggo untuk yang mau mencoba membuat. Gampang kok, tapi harus sabar masak dengan api kecil yaa...




SUP AYAM KLATEN

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran sedang, potong-potong sesuai selera
2,5 liter air atau tambahkan bila perlu
5 sdt garam
2 sdm minyak untuk menumis
2 batang daun bawang, potong-potong
bawang goreng secukupnya

Bumbu Halus :
7 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/4 sdt merica butiran
1 biji pala

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dengan menggunakan api kecil. Tujuannya agar kuah kaldu bisa bening.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam.
3. Masukkan garam dan teruskan memasak hingga bumbu meresap dan ayam empuk. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Matikan api, ambil potongan ayam dan tiriskan kemudian saring kuahnya bila suka.
5. Sajikan hangat dengan potongan daun bawang dan taburan bawang goreng.




Yess....anak-anak suka banget dan lahap makannya. Alhamdulillah. Buat penggemar sup ayam ala Pak Min Klaten, boleh laah sekali-sekali bikin sendiri di rumah. Lebih puas kan maemnya. Eh ya kalau mau ditambahkan potongan wortel atau kentang, it's oke yaa...monggo disesuaikan aja dengan selera keluarga.

Happy Cooking....semoga bermanfaat ^^
Disqus Comments