Selasa, 29 Desember 2015

AYAM SUWIR TERIYAKI



Bismillahirrohmanirrohim

Sharing simpel menu lagi ya. Biarpun simpel tapi enak dan multiguna lho hihihi. Saya suka banget bikin ayam suwir karena selain mudah, ayam suwir ini bisa dimanfaatkan lagi sebagai tambahan untuk berbagai menu. Kalau untuk anak-anak saya, ayam suwir itu gak cuma jadi lauk nasi putih hangat tapi bisa jadi cemilan juga hehehe. Yeesss...mereka suka banget gadoin ayam suwir. Biasanya kalau bikin ayam suwir, saya bikin sekalian agak banyak. Bukan hanya karena disuka keluarga tapi karena biasanya ayam suwir ini saya olah lagi untuk pelengkap nasi goreng, mie goreng, nasi kuning atau nasi uduk bahkan untuk nasi bakar. Cihuuuy banget kan tuh.

Saya paling suka dengan ayam suwir yang memakai cabe dan pedas, misalnya ayam suwir cabe hijau dan ayam suwir yang dibumbu merah. Tapi kali ini saya lagi pengen bikin yang simpel aja tanpa acara nguleg-nguleg gitu dan tinggal cemplang-cemplung. Jadilah ayam suwir teriyaki ini.




AYAM SUWIR TERIYAKI

Bahan :
500 gr fillet ayam
2 sdt garam
Air secukupnya untuk merebus
1 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
3 sdm kecap manis
6 sdm saus teriyaki
1 sdm saus tiram
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris-iris
2 sdm minyak untuk menumis
Wijen sangrai secukupnya

Cara Membuat :
1. Didihkan air dan garam, rebus fillet ayam hingga matang. Angkat dan dinginkan baru kemudian disuwir-suwir. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
3. Masukkan saus teriyaki, kecap manis dan saus tiram. Aduk hingga rata.
4. Bumbui garam dan merica bubuk, kemudian masukkan ayam suwir. Aduk hingga saus merata. Bisa ditambahkan sedikit air dan test rasa hingga sesuai selera,
5. Angkat, taburi irisan daun bawang dan wijen sangrai. Sajikan.




Keesokan paginya, sisa ayam suwir ini saya tambahkan saat membuat nasi goreng, enaaak deh. Padahal yang saya bikin mah bener-bener nasi goreng ala pemalas yang tinggal cemplang-cemplung seadanya hihihi. Alhamdulillah

Happy Cooking ^^ Semoga bermanfaat ya
Disqus Comments