Selasa, 25 Agustus 2015

BAKED CHURROS



Assalamu'alaikum warahmatullah

Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...apa kabar?  Kali ini quick post aja ya, yaitu tentang baked churros yang saya buat minggu lalu!! Harap maklum yaaa kalau postingannya "basi" semua hehehe. Alhamdulillah saya memang masih belum bisa bebikinan, apalagi foto-foto, jadi pakai yang lama aja.

Menurut saya, baked churros ini mah sama aja dengan sus. Yang membedakan adalah bentuknya dan juga baked churros ini tidak memakai filling atau isian. Untuk membuat baked churros, saya suka memakai tepung terigu protein tinggi. Tapi kadang-kadang juga saya mix sedikit dengan tepung terigu protein sedang. Apabila memakai full tepung terigu protein tinggi, maka teksturnya akan lebih renyah dan kokoh. Biasanya saya bikin baked churros ini disaat saya pengen makan sus tapi bahan-bahan vla tidak lengkap, misalnya nih saya pas gak punya susu cair. Kalau baked churros ini cukup dinikmati dengan taburan gula halus dan kayu manis aja udah enak. Alternatif lain, tinggal cocol aja ke selai favorit...udah enaak.

Sssttt....liat deh baked churros buatan saya ini rada-rada eksotis gitu deh alias nyaris gosong hahaha. Gini deh kalau baking tapi disambi ngerjain lainnya, yang ada malah lupa kalau lagi ngoven. Ampuun deh...jangan ditiru ya >_<




BAKED CHURROS

Bahan :
125 gr margarin
200 ml air
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu protein tinggi
3 butir telur ukuran besar 
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Masak margarin, garam, gula dan air hingga mendidih. Masukkan terigu yang sudah diayak kemudian aduk rata memakai sendok kayu hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. Matikan mixer.
3. Tuang adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit bintang dan spuitkan memanjang di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin.
4. Panggang dengan suhu 190'C hingga matang.
5. Angkat, pindahkan ke atas cooling rack dan siap dinikmati dengan topping favorit.




Panjang pendeknya churros sesuai selera aja ya. Saya sih suka yang panjang-panjang gini, karena lebih asyik makannya hehehe. Kalau mau bikin yang pendek-pendek, hasilnya juga lucu lho. Alhamdulillah... cemilan ini selalu jadi favorit keluarga saya.

Happy Baking ^^
Disqus Comments